CARA TEPAT MENDIDIK ANAK

 

RESENSI BUKU

CARA TEPAT MENDIDIK ANAK

Oleh:Muh Anas

A.        Data Buku

Judul Buku              : Ide-Ide Kreatif Mendidik Anak Bagi Orang Tua Sibuk

Penulis                    : Supardi dan Aqila Smart

Penerbit                  : KataHati

Distributor              : ARRUZ MEDIA GROUP

Tahun Terbit           : 2010

Tebal Buku             : 130 Halaman (13,5×20 cm)

Harga                     : 20.000,-

B.        Pembukaan

Sekilas melihat judul buku ini, pasti kita ingat pepatah yang mengatakan “Banyak Jalan Menuju Roma”.Siapa bilang kesibukan menghambat seseorang untuk memiliki anak yang cerdas dan berkualitas, selama ia mau berusaha dan tentunya ditunjang dengan do’a maka segala impian itu akan terwujud.

Sungguh besar keinginan orang tua untuk membebaskan anak-anaknya dari lingkungan kebodohan, dan menjadikannya anak-anak yang berprestasi, berkepribadian mantap dan super, namun, kenyataannya, dalam hidup bukan hanya anak yang menjadi prioritas utama, selain memiliki tugas untuk mendidik, orang tua juga harus memenuhi setiap kebutuhan keluarga secara financial, karena itu buku ini merupakan solusi bagi orang tua yang berperan ganda, buku ini memuat trik untuk menyiasati keterbatasan waktu dengan sang buah hati namun bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal, semisal mengenali jenis kecerdasan anak sampai melakukan langkah efektif dalam mengawasi pergaulan anak

 

 

 

 

C.        Ringkasan.

            Buku ini terbagi menjadi 7 bab yaitu:

1.    Multiple intelligences sebagai kunci anak berprestasi, didalamnya terdapat 9 pembagian kecerdasan oleh Howard Gardner dan bagaimana cara merangsangnya, dengan mengenalinya maka pola mendidik anak akan tepat sasaran.

2.    Membentuk pribadi super pada anak. dalam bab ini dibahas beberapa langkah untuk membentuk pribadi yang super pada anak. Antara lain, mengembangkan kecerdasan spiritual, mendisiplinkan anak, dan melatih bertanggung jawab, serta mandiri.

3.    Kekuatan bakat dan cita-cita anak. dalam bab ini menerangkan tentang beberapa hal penting mengenai bakat dan cita-cita anak, mendesain secara jelas cita-citanya sejak dini sehingga pengarahan dan pendidikan yang diberikan lebih optimal.

4.    Anak cerdas dengan gaya belajar maksimal, di bab ini dijelaskan bahwasanya gaya belajar anak di bagi menjadi tiga bagian, yaitu visual, auditori, dan kinestetik .

5.    Metode belajar sukses. Menjelaskan beberapa tehnik belajar sukses, antara lain dengan cara meringkas, mencatat, menghafal, dengan menggunakan system kedua kerja otak sehingga proses belajar menjadi menyenangkan.

6.    Brain food, bab ini menjelaskan beberapa nutrisi dan gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak.

7.    Tips-tips cerdas untuk orang tua yang sibuk, dalam bab ini dijelaskan banyak hal antara lain: bagaimana cara mengatur waktu, tips agar anak suka belajar, mengatur uang, menjaga diri, tips orang tua menghadapi emosi anak, menghadapi anak yang kecanduan game, pengawasan dunia maya anak dan membentuk anak yang bertanggung jawab.

D.   Keunggulan Buku .

1.      Buku ini tipis, tapi memuat cukup detail tentang hal-hal yang terkait dengan potensi kecerdasan anak yang bisa dijadikan acuan untuk orang tua agar lebih maksimal menggunakan potensi tersebut.

2.      Desain covernya menarik dan membuat orang yang melihatnya ingin membacanya sampai tuntas.

3.      Penulisannya rapi dan tidak ada kesalahan cetak

E.      Kelemahan Buku.

1.      Judul tidak terlalu mewakili isi buku, karna materi yang terkait dengan judul tidak lebih dari 7 % saja.

2.      Kertasnya terlalu putih, sehingga mata lelah saat membaca.

F.         Penutup.

Rekomendasi : Bagi orang tua yang sibuk, apalagi yang tidak sibuk sebaiknya membaca buku ini, karena manfaatnya  jauh melebihi harganya

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s